Bangga Miliki Mahasiwa Berprestasi

0
600

 

 

 

RADAR PALEMBANG  – Sebagai Rektor UM Palembang, Dr Abid Djazuli SE MM, bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya. Tak hanya mengharumkan nama negeri ini, prestasi yang diraih mampu mengharumkan nama almamater hijau yang dikenakan para mahasiswa dan mahasiswinya.

Adapun prestasi yang berhasil diraih baru-baru ini salah satunya, juara I cabang tilawah atas nama Ma’ruf, juara I cabang Murottal atas nama Jani Suspandi. Disusul juara I cabang Kaligrafi atas nama Tuti Alawiyah. Kemudian juara I cabang Hifdzil Quran 10 Juz atas nama Fatihatur Rahmah dan juara III cabang Hifdzil quran 1 Juz atas nama Fernando.  Semua prestasi ini didulang dikancah Nasional.

Prestasi yang diukir mahasiswa menjadi motivasi mahasiswa lain.  Seperti juga diraih oleh empat mahasiswa yang menjadi juara lomba pencak silat digelar Ikatan Pencak Silat se- Sumatera Selatan diraih Rasyid Oki Pramono, Hari Juliansyah, Harfan Agung, dan Raka Pratama. ‘’Ini sangat juga membanggakan kami,” ujarnya kemarin.

Satu hal lagi yang sangat membanggakan, Kampus Islami itu yakni adanya mahasiswa berprestasi lain yang berhasil meraih juara 1 Individual dan tim cabang olahraga Air Rifle Woman 10 meter pada Pekan Olahraga Nasinal ke-19 di Jawa Barat 2016. Atas nama mahasiswa Fidela Puspa Dewi, mahasiswi Program Studi Teknik Sipil.

Selain itu, UM Palembang juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam bidang pendidikan. Seperti baru-baru ini, tepatnya Agustus 2016, Universitas Muhammadiyah Palembang membangun kerjasama dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terkait pembahasan kerjasama pembangunan klinik Muhammadiyah di kabupaten tersebut.  Serta pemberian beasiswa OKI yang berkuliah di UM Palembang. “Kami juga meresmikan pembangunan agrobisnis dan penanaman perdana bibit buah, penebaran bibit ikan, dan peresmian apotik hidup darma wanita,’’ ujarnya.

Selain itu, UM Palembang juga turut serta dalam kerjasama Asian Europe Meeting (ASEM) di bidang pendidikan dengan perguruan tinggi di Indonesia, dengan di fasilitas Direktur Penjamin Mutu Kemenristekdikti dan Koperasi Wilayah II.   Pihaknya juga siap menggerakkan, mengembangkan pendidikan dalam rangka pengembangan peradaban Indonesia. Sinergi ilmu dan agama bisa didapat dalam pembelajaran di univesitas ini. Pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial merupakan Trisula pergerakan Muhammadiyah. “Selama 38 tahun, kami fokus untuk mengembangkan pendidikan di Sumsel,’’ ujarnya.

Begitu juga Fakultas Pendidikan yang memberi bekal kepada mahasiswa tak hanya sisi pendidikan saja, juga bermutu unggul dan islami.  ‘’Jadi unggul secara akademik yakni mempunyai daya saing yang dibekali dengan  moral dan akhlak,”  jelasnya.

Untuk menciptakan mahasiswa berprestasi baik, di bidang akademik, dosen yang disiapkan juga sudah sangat matang. Seperti baru ini saja ada empat dosen UM Palembang yang dibekali dengan pendidikan hingga Strata III.  Dengan prestasi sangat baik, maka keempat dosen ini berhasil mendapatkan beasiswa. “Sudah banyak dosen kita yang berhasil meraih beasiswa bahkan hingga keluar negeri, untuk melanjutkan pendidikannya,” paparnya.

Dengan demikan, maka tidak salah jika universitas ini pula telah melakukan kerjasama dengan Nasional Dong Hwa University Taiwan, kemudian Nasional Taipei University of Technology serta bekerjasama dengan Kyungdong University Korea Selatan. (spt) 

BIODATA

Nama                             : Dr Abid Djazuli SE MM

Lahir                              : Tanjung Batu, 30 Oktober 1963

Riwayat Pendidikan :

– 1984- 1991:  Strata 1 Universitas Muhammadiyah Palemabang Jurusan Manajemen

– 2001- 2004:  Strata II Universitas Sriwijaya Jurusan  Manajemen

– 2016:  Strata III Universitas Pancasila Jurusan Manajemen

Pengalaman Mengajar :

1995- sekarang

  • Mata kuliah Manajemen Keuangan Strata I FEB- UMP
  • Mata kuliah pengantar manajemen Strata I FEB- UMP
  • Mata kuliah Akuntansi Manajemen Strata I FEB- UMP
  • Mata kuliah Manajemen Modal Kerja Strata I FEB- UMP

Jabatan dalam pengolahan institusi

  • 1996-1999: Sekretaris jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 1999: Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 1999-2003: Pembantu Dekan IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 2003- 2007: Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 2007- 2011: Pembantu Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 2014- 2015: Dekan PAW Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 2014- 2016: Wakil rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang
  • 2015- 2019: Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang

 

 

 

LEAVE A REPLY