Bakal Ada 30 Hotel Baru Sampai 2018

0
4117

 

 

RADAR PALEMBANG – Geliat pembangunan hotel dan penginapan kota ini kian pesat. Apalagi menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang, sedikitnya ada 30 hotel diperkirakan akan dibangun dalam dua tahun ke depan.

Demikian diucapkan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Sumatera Selatan (PHRI Sumsel), Herlan Aspiudin, Minggu (26/7). Prospek bisnis perhotelan di Sumsel masih menjanjikan, hal ini dikarenakan ke depan bakal banyak pembangunan hotel di Palembang.

“Untuk tahun ini saja, setidaknya sedang dibangun 10 hotel di Palembang. Artinya, bisnis perhotelan masih menjanjikan. Sebab, bila tidak menjanjikan para investor tidak akan berinvestasi disini, namun nyatanya mereka sangat bersemangat. Ditambah lagi ke depan akan ada even-even Internasional seperti Sea Games 2018, kami memprediksikan setidaknya akan ada 30 hotel yang bakal dibangun di Sumatera Selatan,” lanjutnya.

Sementara itu, sepanjang bulan Ramadan 2015, rata-rata tingkat okupansi hotel di Sumsel menurun. Penurunan tersebut berada diangka sekitar 20 persen dari hari biasa. Penurunan itu, kata Erlan, pada prinsipnya tidak mengejutkan para pengusaha hotel dan restoran di Sumsel karena merupakan hal lumrah terjadi.

Pada bulan Ramadan biasanya terjadi pengurangan aktivitas baik di bisnis maupun aktivitas lainnya, yang secara otomatis berimbas terhadap okupansi hotel. Guna mendongkrak omzet biasanya pihak hotel melakukan promosi, baik dari promosi room maupun food and drink (F&D).

“Biasanya mereka gencar mempromosikan F&D, karena F&D cenderung meningkat di bulan Ramadan, sehingga dapat menutupi omzet dari penurunan 20 persen pada tingkat okupansi. Misalnya dengan menghadirkan paket hemat berbuka puasa serta potongan harga menginap. Salah satu upaya hotel mengantisipasi penurunan tingkat hunian hotel yang kemungkinan terjadi hingga tiga hari menjelang lebaran. Kondisi akan kembali normal menjelang lebaran karena terjadi aktivitas mudik oleh sebagian warga yang membutuhkan tempat menginap.

Harga Kamar Turun

Sebagai salah satu hotel berbintang tiga di Kota Palembang, Quin Centro Hotel menurunkan 20 persen tarif untuk seluruh kamar. Langkah ini diambil sebagai strategi untuk mengatasi persaingan yang kian ketat. Apalagi akan banyak bermunculan perhotelan baru di Palembang. Dengan penurunan harga ini, Hotel Quin Centro menjamin para tamu yang menginap akan menghemat biaya pengeluaran, ditunjang pula dengan fasilitas kamar lengkap dan berkualitas, dibandingkan perhotelan sekelas lainnya.

Sales Manager Quin Centro Hotel Palembang, Maidi mengatakan, Quin Centro Hotel  Palembang selalu memberikan hal menarik untuk bisa dinikmati para tamu yang datang diantaranya denganmennurunkan harga sebersar 20 persen dibandingkan harga sebelumnya.

Tujuan kami tidak lain untuk memanjakan tamu sekaligus strategi di sisa 2015 dengan penurunan harga ini, untuk sekarang tamu dapat menginap dengan harga Rp350 ribu dari yang sebelumnya Rp380 ribu,” ujarnya, belum lama ini.

Dijelaskanya, Quin Centro Hotel memiliki 54 room yang dilengkapi dengan fasilitas LED TV, AC, Wi Fi Internet Access. Diakui dia, hotel ini masih kalah bersaing dengan beberapa perhotelan berkelas. Namun pihaknya menjamin tingkat kepuasan tamu yang menginap akan tinggi di hotel berbintang tiga ini. “Penurunan harga kamar ini juga sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang di Teratai Restaurant. Kami juga memberikan pelayanan yang akan menjamin kepuasan para tamu yang datang,” katanya.

Quin Centro Hotel Palembang berlokasi di Letkol Iskandar Palembang, sangat optimis dengan penurunan harga yang sangat terjangkau ini. Tujuannya agar dapat terus meningkatkan okupansi dan tetap eksis di dalam persaingan. Dengan konsep modern Quin Centro hotel menurutnya, diusung sesuai dengan perkembangan zaman dan dinamik dan mendahulukan service yang mudah, ramah, bersih, dan rapi.

Dengan begitu tamu akan memberikan dukungan terhadap apa yang diberikan Quin Centro hotel Palembang dalam memanjakan para tamu. “Kami berharap penurunan ini dan seterusnya akan menjadi yang terbaik dari hotel lainnya dan memberikan kepuasan bagi pengunjung,” harapnya. (rd3)

LEAVE A REPLY