Atasi Banjir, Lakukan Penggalian Drainase

0
8019
RADAR PALEMBANG- Untuk mengatasi banjir di kawasan sudirman Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang akan melakukan penggalian drainase di kawasan pedestrian sudirman.
Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Saiful, mengatakan penggalian ini juga dilakukan untuk menghidupkan lagi drainase yang selama ini sudah tidak maksimal. “Pembersihan ini dilakukan untuk membuka saluran-saluran air yang tersumbat karena sampah dan yang lainnya,” ujarnya kemarin.
 
Dia mengatakan¬†untuk mengatasi banjir di kawasan ini pihaknya sudah melakukan pemberaihan drainase di sepanjang jalan Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Masjid Agung. bahkan pihaknya akan melakukan penggalian drainase di kawasan Dika dan drainase di sepanjang Jl Rustam Effendi tepatnya di deretan ruko Martabak HAR. “Kami sudah memanggil balai jalan yang bertugas mengatasi permasalahan ini. Pihak LRT juga akan melakukan perbaikan jalan di Kol H Burlian, selebihnya menjadi tanggung jawab balai jalan,” terangnya.
Sementara itu, pihaknya memperkirakan puncak genangan air akan terjadi pada Desember. Pihaknya mencatat ada 64 titik genangan air, 21 diantarannya berada di sepanjang jalur pembangunan LRT.
Titik ini bukan merupakan titik banjir tetapi genangan air sementara akibat hujan. Genangan air in berada di kawasan Jalan Letjend Harun Sohar, Jalan Kol H Burlian, Jalan Jenderal Sudirman (Simpang Polda), Jalan Angkatan 45 (PIM), sampai Jalan Kapten A Rivai tepatnya di seputaran kantor Gubernur Sumsel.
“Genangan air akan semakin tinggi pada puncak pasang tinggi di Desember. Untuk mengantisipasi ini,¬† pihaknya memperbaiki kembali pompa yang sudah tidak berfungsi. Diantaranya, di Kolam Retensi IBA, Anak Sungai Bendung, Veteran dan Angkatan 45. Dimana diantaranya ada tiga yang tidak berfungsi yakni dua di Angkatan 45 dan satunya lagi ada di Sungai Bendung,” pungkasnya.(spt)

LEAVE A REPLY