Aswari Makmurkan Masjid

0
480

RADAR PALEMBANG – Bertatap muka dengan masyarakat Kabupaten Lahat sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi H Aswari Riva’i SE. Bupati Lahat yang menjabat periode kedua ini pun tidak saja bertatap muka di tempat umum, masjid juga sudah menjadi lokasi pertemuan dirinya dengan masyarakat. Sudah dipastikan Aswari akan bergerilya ke masjid-masjid di luar Kota Lahat, saat dirinya memiliki waktu luang.

Mendatangi masjid-masjid bukan saja hendak menjaring aspirasi masyarakatnya, Aswari juga menekankan pentingnya memakmurkan masjid, dengan cara shalat berjamaah. Menurutnya, berjamaah di masjid dapat menghidupkan sendi-sendi kehidupan lain selain ibadah, seperti sendi ekonomi, sosial dan pendidikan.

“Sholat berjamaah di masjid, selain mampu memakmurkan masjid juga berimplikasi langsung kepada individu yang melaksanakan. Selain ganjaran pahala yang lebih besar beragam kemudahan akan diberikan kepada seseorang yang melaksanakan sholat berjamaah di masjid, dan harus diyakini ini adalah janji Allah,” ujarnya.

Saat memiliki waktu luang, Aswari selalu menyempatkan diri shalat berjamaah di masjid. Tak jarang, dirinya turun langsung ke masjid-masjid yang berada di pelosok Kabupaten Lahat. Bahkan, setiap Jumat, Aswari selalu menyempatkan diri shalat Jumat ke pelosok Kabupaten Lahat. “Ini salah satu waktu saya dapat berkumpul dan bertatap muka dengan masyarakat saya,” jelasnya.

Menurut Aswari, shalat berjamaah juga dapat mempererat tali silaturahmi. Masjid dapat menjadi tempat berkumpul dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, tidak hanya sekedar tempat shalat, yang datang melaksanakan shalat, setelah itu kembali dengan aktifitas masing-masing. “Harapan saya bukan saja tempat sholat semata,” katanya.

Berbagai kegiatan kemasyarakatan, seperti kepemudaan, pendidikan agama dan lain sebagainya, ungkap Aswari, sebenarnya dapat dilakukan di masjid. Sehingga keberadaan masjid memang bermanfaat dan makmur dari segala sisi. “Selain sebagai tempat beribadah, masjid itukan bisa tempat pendidikan. Makanya saya selalu hadir ditengah masyarakat selalu menyempatkan diri mampir ke masjid selain untuk melaksanakan kewajiban saya sebagai muslim, juga melihat bagaimana kondisi masjid itu,” bebernya.

Meski telah berada di periode kedua masa jabatannya, atau masa jabatan terakhir, Aswari tidak mengurangi kebiasaanya tersebut. Bahkan, Bupati yang dikenal sangat hobi keliling pelosok Kabupaten Lahat ini, meningkatkatkan kebiasaan itu. “Saya akan terus berkerja demi masyarakat Kabupaten Lahat, karena saya berada disini atas amanah masyarakat. Begitu juga dengan harapan saya masyarakat dapat memakmurkan masjid,” tutupnya. (infohumas)

LEAVE A REPLY