AS – Kesultanan Palembang Kerja Sama Perdagangan

0
583

 

RADAR PALEMBANG – Selain menyimpan potensi kekayan alam yang melimpah, Sumatera Selatan memiliki jalur perdagangan strategis yang bisa dikembangkan antar negara. Akses transportasi yang saat ini sedang dibangun menjadi bagian penting dalam mendukung kegiatan perdagangan ini.

Hal ini diungkapkan DYMM Sultan Mahmud Badaruddin III kombes pol (purn) Drs.H.RMS Prabu diraja SH saat konferensi pers di Ruang Meeting 1 Hotel Arya Duta, Sabtu (3/5). “ Kami ingin menjadi bagian penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sumsel melalui jalur perdagangan antar kesultanan ini, ” ujar Sultan.

Dijelaskan Sultan, kerja sama perdagangan yang akan diambil harus mampu seirama denga kepentingan Sumatera Selatan bukan saling menjatuhhkan. “Akses perdagangan yang akan dibangun nantinya memang pada hasil alam seperti batubara, sawit, karet namun bukan menjualnya dalam bentuk barang mentah namun harus dikelola dahulu agar memiliki nilai tambah,” ujarnya.

“Selain itu, kami juga akan mempromosikan kuliner, songket dan potensi pariwisata yang ada di Sumatera Selatan jadi sangat bersinergi denga kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya

Sultan mengungkapkan sebentar lagi akan diberlakukanya ASEAN Economic Comunity (AEC), amak dari itu para pelaku usaha Palembang harus terlebih dahulu dibina seperti akses permodalan, pemasaran dan produk sehinga dapat bersaing dengan negara lain.

Sementara itu USA Commercial Attache, Mr Jesse M.Lapierre mengatakan bahwa Provinsi Sumsel  memiliki segudang potensi dan kekayaan sumber daya alam mulai dari sawit, karet, kayu, batubara, minyak, gas dan lain sebagainya.

“Saya telah memantau beberapa tempat di Indonesia ini dan Sumsel memiliki potensi baik untuk berinvestasi disini. Sumsel juga merupakan provinsi yang terus berkembang pesat dan diperkirakaan akan semakin maju kedepannya,”jelas Mr Jesse.

Disampaikan Jesse, dirinya yakin bisa memberikan banyak manfaat ketika kesultanan, pemerintah daerah dan Amerika Serikat bisa bekerja sama dan saling menguntungkan. “Kami akan mengundang banyak pembisnis untuk datang dan melakukan kerja sama dalam akses perdagangan ditambah lagi akan ada kawasan ekonomi khusus jadi sangat membantu kerja sama ini” (fun)

 

 

LEAVE A REPLY