Arniza Nilawati: UMKM Produk Lokal Desa Padang Bindu Butuh Kreatifitas Inovatif

0
380

 

RADAR PALEMBANG, Kondisi produk lokal Desa Padang Bindu Kecamatan Tanjung Agung Kabupatan Muara Enim butuh campur tangan pihak lain. “Dalam hal ini pemerintah dan akademisi,”ungkap Anggota DPD RI Arniza Nilawati, S.E., M.M saat  melakukan Foccus Group Discusion (FGD) dengan  tema  Peningkatan Kualitas Produk UMKM sebagai Motor Penggerak Perekonomian Desa dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Masyarakat Desa Padang Bindu Kecamatan  Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Rabu(25/12/2019).

Menurut Arniza, campur tangan ini dibutuhkan untuk membantu pengembangan produk lokal yang membutuhkan kreatifitas dan inovasi sehingga mudah dikenal dan laku dipasaran. “Terutama pengolahan buah durian yang banyak terdapat di Desa Padang Bindu,”katanya.

Selain itu, sambung Arniza, diperlukan berbagai upaya pengembangan pengetahuan dan kemampuan  terutama ibu rumah tangga (emak-emak) dalam menciptakan produk yang kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan nilai tambah produk.“Pelaku UMKM juga membutuhkan pendampingan pengolahan produk kuliner lokal agar dapat lebih tahan lama sehingga dapat dipasarkan secara nasional,”jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY