Arniza Nilawati: Pengelolaan Dana Desa Butuh Dukungan Semua Pihak

0
277
Senator Republik Indonesia Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan Arniza Nilawati, S.E, M.M berbincang hangat dengan Kepala Perwakilan BPKP Prov Sumsel
RADAR PALEMBANG, Senator Republik Indonesia  Daerah Pemilihan (Dapil)  Sumatera Selatan  Arniza Nilawati, S.E, M.M  melakukan kunjungan ke kantor BPKP Prov Sumsel Selasa ( 17/03/2020). Dalam kunjungan dan silaturahmi tersebut hadir  Kepala Perwakilan BPKP Prov Sumsel, Jajaran Korwas BPKP Prov.Sumsel, Kabag TU dan Auditor Madya BPKP Prov.Sumsel.
Senator Republik Indonesia Dapil Sumsel Arniza Nilawati, S.E, M.M poze bareng dengan Kepala Perwakilan BPKP Prov Sumsel, Jajaran Korwas BPKP Prov.Sumsel, Kabag TU dan Auditor Madya BPKP Prov.Sumsel.
Menurut Arniza,  dalam kubjungannya tersebut ada beberapa poin yang nantinya bisa didiskusikan lebih lanjut dengan pihak terkait. Pertama,  Dana Desa yang diterima Provinsi Sumsel sebesar Rp 2,71 T tahun 2020 didistribusikan untuk sekita 2853 desa sesuai pengajuan yang didasarkan atas tingkat kemiskinan yang ditentukan dari formula dan aturan khusus.
,“Distribusi pembagian Dana Desa memenuhi skema 40 % Tahap pertama, 40 % tahap kedua dan 20 % pada tahap ketiga, dengan ketentuan 40% pertama dialokasikan untuk kegiatan padat karya tunai desa baik melalui pengelolaan secara swakelola sebagaimana pemberdayaan sumber daya alam, teknologi, inovasi dan sumber daya manusia di desa tersebut,”katanya.
Kedua, dalam pengelolaan dana desa diharapkan sinergi yang baik antara Kementrian Desa (Kemendes) sebagai pengarah pengelolaan Dana Desa, Kemendagri sebagai pembina dan pengawas ASN Pemerintah Daerah dan BPKP maupun Inspektorat sebagai pihak yang membuktikan bahwa Dana Desa dipergunakan tepat sasaran sesuai dengan peraturan dan Undang-undangnya.
“Dalam upaya pengelolaan Dana Desa sesuai aturan juga sangat diperlukan partisipasi pemerintah daerah/Kota melalui APIP, Kepolisian, dan Kejaksaan dalam mengambil peran pengawasan karena lebih kompeten mengenal wilayah, karakter,dan budaya desa setempat agar Dana Desa benar-benar tepat sasaran dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa tersebut,”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY