Arahkan Internet Positif Bagi Anak

0
351

Moms n Kids Creative Day 2019

 

RADAR PALEMBANG – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Harian Bisnis Radar Palembang kerja bareng dengan Paguyuban Hakka Sumsel menggelar kegiatan anak-anak bertema Moms n Kids Creative Day 2019 di lantai III PTC Mall Minggu (25/8).

Kegiatan tersebut menggabungkan 3 acara dalam satu kesempatan, yakni talk show terkait parenting yakni bagaimana mendidik anak di era digital, lomba mewarnai anak hingga fashion show anak dengan tema merayakan HUT RI ke-74.


Hadir dalam kesempatan tersebut, pembicara parenting, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Dosen Psikologi Universitas Bina Darma Mutia Mawardah S PSi MA, Pembina Hakka Sumsel Darwis Hidayat, Ketua Bidang Pemuda dan Organisasi Hakka Sumsel Asun.

Adapun talkshow bertema Bagaimana Mendidik Anak di Era Digital dan Internet Nyaman untuk Anak. Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Wakil Walikota Palembang Hj Fitriati Agustinda dan dihadiri para pengurus Hakka Sumsel diantaranya Pembina Hakka Sumsel Darwis Hidayat, Wakil ketua I Ika Halim, Wakil Ketua II Yong Di, Humas Hakka Alimin, Direktur Radar Palembang yang juga GM Pal TV Yunita Ayu, GM Radar Palembang Swandrayadi dan banyak lagi tamu undangan lainnya.

Fitrianti Agustinda yang datang menggunakan gaun putih dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Radar Palembang dan paguyuban Hakka ini. “Kegiatan seperti ini sangatlah bagus karena disini orangtua bisa sharing bagaimana cara agar anak-anak tidak kecanduan Gadget,” ujarnya kemarin.

Dia mengatakan orangtua harusnya bekerjasama dengan guru agar bisa mengawasi anak-anak dirumah maupun di sekolah. “Orangtua harus lebih banyak ide agar bisa mengalihkan perhatian anak dari Gadget seperti memberikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau hal positif lainnya,” jelasnya

Namun dia mengatakan anak-anak bukan berarti tidak boleh mengenal Gadget. “Jangan juga tidak di kenalkan dengan Gudget nanti menjadi anak yang ketinggalan teknologi, intinya pengawas yang harus di tingkatkan dari orangtua,”katanya


Fitrianti Agustinda juga mempunyai pengalaman mendidik anak, di era digital saat ini. Keberadaan internet, akui dia, harus digunakan bagi pendidikan anak, dengan melihat apa yang menjadi hobi tontonannya disana (internet,red). Tentunya mengarahkan hal yang positif.

Seperti, kata Finda (sapaan akrab Fitrianti Agustinda,red), sekarang kalau tontonan, biasanya anak-anak suka dengan korea (selatan,red). Semua hal berbau Korea Selatan, alias K-Pop digandrungi anak-anak, karenanya ada trik khusus yang dibagikan Finda ke bunda yang hadir.

“Anak saya senang dengan K-Pop, lalu saya tanya, ke anak apa mengerti (pembicaraan,red) dari tontonan tersebut. Dijawabnya, tidak. Karena itu, saya arahkan anak untuk belajar bahasa Korea (Selatan,red). Ini bagaimana kita menggunakan internet baika bagi anak,”kata dia.

Keberadaan era digital, harusnya bisa dimanfaatkan secara maksimal bagi mendidik anak. Hal ini diungkapkan Mutia Mawardah. “Harus ada pembatasan dari orang tua terhadap akses anak ake internet. Apalagi anak-anak bisa dengan mudah mengakses internet,”kata dia.

Khawatirnya, akui dia, anak akan mengakses informasi yang tak layak ditonton, karena itu pentingnya peran orang tua dalam mengawasi. “Terpenting, ada waktu anak harus belajar, jangan kecanduan terhadap mengakses internet. Kalau untuka pendidikan, silahkan akses internetnya,”kata dia.

Ketua Hakka Sumsel Bunyamin diwakili oleh Wakil ketua I Ika Halim, Humas Alimin dan Pembina Darwis Hidayat mengatakan, sangat mendukung acara seperti ini selain sangat positif untuk kembangkan daya kreatif anak-anak juga memperkokoh kasih sayang anak-anak dengan para orang tuanya. “Kita sangat support acara inii,”ujarnya.
Ketiganya juga ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Radar Palembang serta para sponsor lainnya. “Semoga kerjasama seperti ini tetap berlangsung pada masa mendatang,”katanya

GM Radar Palembang Swandrayadi didampingi Ketua panitia pelaksana Yusheni mengatakan, even Moms & Kids dan fashion show anak kategori usia 3 – 6 tahun ini digelar dalam rangka menyambut HUT RI ke-74. “ Jumlah pesertanya lumayan banyak melampaui target yang dicanangkan lebih dari 205 peserta dengan rincian 150 lomba mewarnai dan 55 fashion show,”katanya

Batasi Anak Gunakan Gadget

Sementara itu, Mutia Mawardah Dosen Psikologi Universitas Bina Darma mengatakan, orang tua harus membatasi anak-anak untuk menggunakan gadget karena pengaruh gadget kepada anak-anak sangat buruk bagi tumbuh kembang anak itu sendiri.
“Oleh karena itu orang tua harus membatasi anak-anak untuk menggunakan gadget karena pengaruh sangat kurang baik bagi anak-anak,”kata Mutiah.

Salah satu yang sangat membahayakan bagi anak-anak dalam menggunakan gadget membuka aplikasi pornografi misalnya. Jika itu terjadi maka akan sangat buruk bagi tumbuh kembang anak itu sendiri.

“Bukan kita tidak membolehkan namun banyak hal yang negatif dalam menggunakan gadget, oleh karena itu harus diantisipasi sedini mungkin,”kata dia.
Bukan hanya itu saja karena keseringan menggunakan gadget maka akan menghambat kreativitas anak.

Ia mencontohkan jika anak memiliki suara yang bagus sehingga memiliki potensi untuk menjadi penyanyi namun tidak dilatih secara langsung maka anak tersebut kesulitan untuk berkembang.”ini karena dibiarkan untuk berlatih dengan menggunakan gadget kan kesulitan untuk berkembang,”ujar dia.

Oleh karena itu anak-anak usia dini belum saat lnya menggunakan gadget dan lain sebagainya karena jika sudah layak baru diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Dengan itu maka anak akan menjadi anak-anak yang pintar dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Ia juga menyarankan kepada orang tua untuk memberikan penghargaan batin kepada anak-anak dengan mengapresiasi apa yang telah dicapai ketika sekolah dan lainnya.”Dengan penghargaan batin tersebut tumbuh kembang anak akan semakin bagus, jangan membuat psikologis anak drop ketika yang ia lakukan kurang baik,”tukasnya

Dalam acara Moms & Kids Creative Day, PT Pegadaian (Persero) Area Palembang juga mempersembahkan tabungan emas secara gratis untuk semua peserta lomba. Event Moms & Kids Creative Day juga disponsori oleh The Zuri Hotel, Wyndham Opi Hotel Palembang, Prodia, Rumah Zakat, cordela Inn, Sumatera Ekspres,Palembang Pos, Palembang Ekspres dan Palembang TV. (zar/spt/dav)

LEAVE A REPLY