APK Capres No Urut 01 di Kawasan Dempo Dirusak

0
669

 

RADAR PALEMBANG, Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho Calon Presiden Nomor urut 1 Jokowi di Palembang ditemukan rusak. Kuat dugaan, APK itu sengaja dirusak orang tak bertanggung jawab. APK yang dirusak itu ada di Kawasan Dempo Kecamatan Ilir Timur I Palembang. “APK yang dirusak tersebut baru kami ketahui malam ini. Kami sedang mendata apakah masih ada lagi APK yg dirusak. Sebab kami banyak memasang APK yang tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kota Palembang,”ujar Sekjen Relawan GroJok (Grobak Jokowi) Punta Dewa, Jumat (5/3/2019).

Dari bekas kerusakan yang terjadi, menurut Punta Dewa, mengindikasikan jika baliho Jokowi yang bertuliskan ajakan sholat itu ada yang sengaja merusak. Artinya bukan karena faktor alam, atau yang lainnya. Karena itu, pihaknya memastikan akan melaporkan perusakan APK tersebut ke pihak berwenang.

“Pasti dirusak. Makanya sekarang masih didata. Kalau dokumentasi sudah ada. Nanti akan kami laporkan ke Bawaslu Kota Palembang. Perusakan alat peraga kampanye atau APK itu termasuk pidana pemilu dan pelakunya bisa kena sanksi pidana,” tegasnya.

Punta menambahkan, APK Jokowi berupa banner yang rusak itu adalah inisiatif relawan dan pihaknya sangat menyesalkan kejadian perusakan tersebut. Karena itu, Punta mendesak agar pihak berwenang bertindak tegas atas kejadian tersebut.

“Yang namanya demokrasi itu berbeda pilihan kan biasa. Tidak perlu ada tindakan (perusakan, red) seperti itu. Apalagi suasana di Sumsel dan Palembang ini sudah adem, bagus. Jadi jangan dirusak dengan cara-cara seperti itu,” sesalnya.

Larangan perusakan APK diatur dalam Pasal 280 ayat (1) huruf g UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal tersebut menyatakan bahwa pelaksana, peserta pemilu dan tim kampanye tidak boleh merusak dan/atau menghilangkan APK peserta pemilu.(sep)

LEAVE A REPLY