Alex Usulkan Segera Putuskan AG

0
603

 

RADAR PALEMBANMG –Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin meminta ada keputusan segera ditetapkan mengenai kota yang akan menyelenggarakan opening dan closing Asian Games (AG) 2018, serta cabang olahraga atau cabor yang akan dipertandingkan di Palembang ataupun Jakarta. Keputusan segera tersebut terkait kesiapan yang akan dilakukan tuan rumah pelaksana.

Hal tersebut disampaikan Alex Noerdin saat usai menerima kunjungan Tim Komisi X DPR RI di Griya Agung, Palembang, Senin (21//12/2015). “Kedatangannya, terkait bidang pariwisata, pendidikan ekonomi kreatif dan tentunya olahraga.  Bisa memberikan masukan kepada mereka bahwa keputusan tentang asian gamers itu harus dilakukan segera,”kata Alex.

Keputusan yang dimaksud, baik penunjukan kota tuan rumah pelaksanaan acara opening dan closing pesta olahraga negara-negara Asia, serta kepastian jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di kota pelaksana acara. Mengingat, waktu pelaksanaan hanya 2,5 tahun kedepan, dan sejumlah persiapan harus dipersiapkan segera.

Ia menambahkan, siapa dan apa, dan main dimana, berapa cabor di Palembang, berapa cabor di Jakarta segera diputuskan.  Kesegeraan keputusan tersebut, akui Alex, tidak mudah (tuan rumah) karena tanggung jawabnya di daerah, karena itu keputusan harus segera diambil dan harus berdasarkan penilaian yang adil.

Penilaian berdasarkan fakta terkini yang ada di tuan rumah ditunjuk baik Palembang atau Jakartta, dan Palembang serta Sumsel sudah berpengalaman sebagai pelaksana even internasional. Sejumlah even besar, mulai dari PON di 2004, SEA Games di 2011, Islamic Solidarity Games, serta sejumlah single even lainnya bertaraf internasional.

Menurut Alex, karena waktu tinggal sedikit lagi, 2,5 tahun lagi ke Agustus 2018 tapi ada tes even yakni Youth Olimpic Games di Desember 2017 jadi waktu tinggal 1,5 tahun lagi, dan  itu harus sudah siap. “Palembang, Sumatera Selatan, pada dasarnya siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games. Kita perlu dukungan dari presiden dan semua jajarannya,”ujar dia.

DPR RI Dukung Palembang

Wakil Ketua Komisi X DPR RI,  IR.H.Nuroji mengatakan Palembang lebih layak menggelar Asian games sendiri disbanding ibukota Jakarta. Melihat cepatnya progress persiapan Asian Games yang dilakukan Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Palembang.

“Dari paparan pak Gubernur sendiri cukup menarik, bisa jadi kami mendorong dipindahkan ke palembang semua aja, kalau Palembang siap,saya mendorong temen-temen untuk dipindahkan ke Palembang semuanya tadi saya dengar gubernur 100 persen siap,”jelas dia.

Pernyataan tersebut disebabkan  kekecewaan Nuroji kepada Jakarta, setelah adanya komentar Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahya Purnama di berbagai media menyatakan ketidak peduliannya terhadap Asian Games dikarenakan pengalihan aset lahan Kemayoran dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak disetujui oleh DPR RI.

“Kalian dengar sendiri di Jakarta malah  ini jadi gaduh kan soal Asian Games, soal tanah dan segala macam, Jakarta gubernurnya  bilang kan emang gua pikirin nah ini kan repot, siapa yang mau tanggung jawab, Gubernur Jakarta kan ikut tanda tangan saat menjadi tuan rumah Gubernur DKI Jakarta ucapnya Emang Gue Pikirin (egp) , bagaimana nama negara dipertaruhkan EGP tadi,” cetusnya.

Ia meminta ada keputusan segera terkait hal ini, sanggup tidaknya Jakarta untuk menjadi tuan rumah Asian Games, atau mengalihkan semuanya ke Palembang, karena waktu 2 tahun lagi dikiranya makin singkat.

“Saya tidak tahu prosedurnya di OCA untuk memindahkan dua rumah jadi satu kota, kesiapan palembang lebih siap dari Jakarta harus kita sampaikan,  jadi disebutnya bukan Jakarta – Palembang tapi tetapi Asian games Palembang 2018,”kata dia. (dav)

 

LEAVE A REPLY