Alam Terbuka Bantu Pertumbuhan Anak

0
583

RADAR PALEMBANG – Tumbuh kembang anak sangat bergantung pada pola asuh orang tua. Setiap kegitan yang dilakukan orang tua sangat berpengaruh terhadap mental dan perkembangan psikologis anak.

Dosen Bimbingan Konseling IAIN Raden Fatah Palembang Ahmad Fahmi mengatakan, pase pertumbuhan anak perlu mendapatkan perhatian lebih dari orang tua, terutama ketika anak sudah bisa berjalan. Sebab pada pase ini semua organ tubuh manusia sudah mulai berfungsi seperti kaki dan tangan.

“Ketika memasuki fase ini refleksi otak anak perlu mendapatkan penyegaran. Hal yang penting untuk dilakukan orang tua ketika sudah memasuki masa ini, bagai mana membuat anak menjadi riang dan gembira, seperti mengajak bermain di mal atau wahana permainan terbuka” kata dia.

Biasanya kebanyakan orang tua memanfaatkan wahana bermain yang ada di keramaian untuk menyegarkan mental anak karena berada di tempat yang lebih terbuka. Anak-anak bisa bebas bermain di mana saja. Tapi bermain di luar rumah bisa memberikan lebih banyak manfaat untuk mereka. Ada beberapa manfaat yang didapat anak ketika orang tua mengajak anak bermain di tempat yang lebih terbuka.

Anak-anak yang menghabiskan waktu di luar memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak-anak yang bermain di dalam ruangan.

“Mengajak anak ke luar dan bermain bersama bisa meningkatkan sejumlah kemampuan. Salah satunya adalah kemampuan sosial atau bersosialisasi. Misalnya, saat main seluncur, setiap anak harus bisa mengantri untuk mendapatkan giliran meluncur. Dan ketika bermain di luar, kesempatan mereka untuk bertemu teman-teman baru juga semakin besar,” terang dia.

Bermain di luar atau di ruang terbuka bisa membuat anak-anak bisa lebih fokus. Di samping itu, rasa penasaran mereka juga akan meningkat dan hal ini bisa memicu kreativitas mereka. Anak yang sering bermain di luar akan lebih semangat untuk membuat penemuan-penemuan baru dan tidak hanya duduk diam saat melihat sesuatu.

Anak-anak juga bisa bosan atau stres. Dan salah satu cara terbaik dan alami untuk mengurangi stres itu adalah dengan bermain di luar. Bermain di luar bisa menenangkan pikiran sekaligus menyembuhkan perasaan negatif.

Banyak anak yang menderita defisiensi vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan melalui cahaya matahari alami yang bebas dan bisa didapatkan dengan bermain di luar. Dengan asupan vitamin D yang cukup, kita bisa terhindar dari sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah tulang. (iam)

LEAVE A REPLY