Ahmad Julinto: Yang berminat Silahkan Datang!

0
450

 

+ 43 Universitas Taiwan Gelar Pameran di Palembang


RADAR PALEMBANG- Kabar gembira bagi warga Sumatera Selatan khusus Palembang yang ingin melanjutkan kuliah S1, S2 dan S3 nya ke negara Taiwan. Sebab mulai kemarin Selasa (1/10) hingga Rabu (2/10) digelar Taiwan Higher Education Fair 2019 di Xaverius Centrum Studiorum Jalan Bangau 9 Ilir Palembang. Pembukaan kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Palembang H Harnojoyo yang di wakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Julinto.
Dalam sambutannya Ahma Julinto menyambut baik kegiatan ini karena bisa menciptakan SDM yang berkualitas. “Bagi yang berminat silahkan langsung datang. Ini peluang sekolah keluar negeri dengan biaya yang mungkin lebih murah,”katanya.
Julinto juga mengharapkan agar kegiatan-kegiatan seperti ini tidak hanya diikuti oleh perguruan tinggi tapi juga kalau bisa diikuti oleh sekolah SMA baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Palembang. “Ini yang hadir univeristas ber kaliber internasional lho dari Taiwan lho. Baru pertama kali gelar pameran di Palembang saying kalau tidak diikuti,”katanya.
Yuli, salah satu mahasiswa perguruan tinggi di kota Palembang mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena jarang-jarang universitas ternama di Taiwan gelar Pameran di Palembang. “ Saya sebentar lagi selesai S1. Pengen liat –liat kalau kalau ada peluang ambil S2 di Taiwan,”ucapnya.
Sementara itu, I K Halim Ketua Ikatan Alumni Taiwan Sumatera Bagian Selatan mengatakan, kegiatan pameran Universitas asal Taiwan ini digelar di 3 kota yakni pada 28 September 2019 di Hotel Pullman Central Park-Jakarta, dilanjutkan pada 29-30 September di Hotel Santika Premiere Dyandra-Medan. “Terakhir di Palembang pada 1-2 Oktober di Xaverius Centrum Studiorum, “ujarnya.
Menurut I K Halim, di Jakarta, pelaksanaan pameran terlaksana berkat adanya kerjasama Taiwan Education Center (TEC) Indonesia dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan Se lndonesia (ICATI) Jakarta, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Komite Taiwan, dan Indonesia Taiwan Business Council (ITBC).
Di Medan, pelaksanaan Taiwan Higher Education Fair 2019 bekerja sama dengan lkatan Citra Alumni Taiwan Selndonesia (ICATI) Sumatera Ulara. Sementara di Palembang, pelaksanaan bekerja sama dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan Selndonesia (ICATI) Sumatera Selatan dan Yayasan Xaverius Palembang.
“100 dosen dari 43 perguruan tinggi di Taiwan ikut serta dalam THEF 2019 di Palembang. Diantaranya adalah Tunghai University, National Taiwan University. l-shou University, Tamkang University, Chinese Culture University, dan lain lain, “bebernya.
Bagi warga kota Palembang khususnya para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Palembang yang berminat kuliah di Taiwan, silahkan datang ke acara tersebut. ‘43 Universitas asal Taiwan tersebut menunjukan keunggulan mereka. Bagi yang belum datang besok (Rabu (2/10) bisa langsung datang untuk bertanya,” ucapnya.
I K Halim menjelaskan, kalau jumlah mahasiswa Indonesia termasuk Sumsel dan Palembang yang sudah kuliah atau lagi kuliah di Taiwan jumlahnya lumayan banyak.
“Total jumlah sekitar 12.600 mahasiswa dengan rincian 9.000 ngambil S1 dan 3.000 mengambil S2 dan S3, “terangnya.
Menurut I K Halim, bagi mahasiswa yang berprestasi negara Taiwan, Universitas di Taiwan serta para alumni juga menyediakan biaya siswa. “Asik kan? Jadi jangan lupa tanggal acaranya, “katanya.
I K Halim juga menambahkan tujuan digelarnya kegiatan ini agar masyarakat di Indonesia khususnya Sumsel dan Palembang bisa mengenal Taiwan, terutama di bagian pendidikannya.
“Karena minimnya informasi sehingga banyak masyarakat kurang mengenal Taiwan, terutama Taiwan itu sudah ada sertitikasinya untuk makanan halal. Tempat untuk menjalankan ibadah salat juga sudah tersedia di berbagai kota di Taiwan dan murid-murid muslim juga tidak perlu khawatir karena di Taiwan banyak universitas yang menyediakan tempat salat,” terangnya.(rd1)

LEAVE A REPLY