Absensi Manual Harus Diganti

0
609

 

RADAR PALEMBANG  – Untuk meningkatkan disiplin pegawai kedepan seluruh absensi pegawai akan diganti dari sistim absensi manual menjadi absensi yang menggunakan alat baik sistim sidik jari maupun mata. Dengan sistim ini pegawai tidak bisa terlambat masuk ke kantor.
Demikian diungkapkan Penjabat Bupati OKU Timur Richard Chahyadi AP MSi kepada wartawan, akhir pekan kemarin. Untuk itu, Richard memerintahkan Inspektorat untuk mengecek ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), tentang sistim absensi di setiap instansi yang digunakan saat ini.
“Tujuan penggunaan absensi otomotis baik menggunakan sidik jari maupun scan mata untuk meningkatkan disiplin pegawai. Selama ini masih ada pegawai yang terlambat datang masuk kantor dan pulang sebelum waktunya. Belum lagi absensi manual banyak kecurangannya,” ujar Richard.
Selain itu Pj Bupati juga menegaskan, Kepala dan Sekretaris SKPD harus bertanggung jawab terhadap disiplin dan kinerja pegawainya. Melalui absensi sidik jari atau scan mata, diharapkan bisa meningkatkan disiplin pegawai mengingat disiplin pegawai itu sangat penting dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.
”Pertama kali saya masuk kantor saya sidak ke beberapa SKPD saat saya datang ada salah satu SKPD yang satupun belum ada pegawai yang datang. Bahkan ada kantor yang belum dibuka sama sekali. Kalau dari kinerja saja sudah tidak baik, bagaimana dengan pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat,” ungkapnya.
Untuk itu dirinya berharap sejak saat ini pegawai harus meningkatkan disiplin karena jika masih ada yang sering terlambat datang masuk kantor tentu akan dijatuhi sanksi sesuai aturan yang berlaku.
Sementara itu Inspektur, Inspektorat OKU Timur Mulyanto menambahkan pihaknya siap melakukan pengecekan ke setiap SKPD terkait penggunaan absensi pegawai. ”Kita siap menjalankan seluruh perintah pak bupati,”tegasnya.(awa)

LEAVE A REPLY