5 Juni Masjid Cheng Ho Gelar Salat Idul Fitri

0
816

5

RADAR PALEMBANG, RP- Masjid Islam Muhammad   Cheng Ho akan menggelar salat  Idul Fitri pada Rabu 5 Juni 2019. Ketua Pembina Imam Tauhid Indonesia (PITI) Sumsel H Ahmad Afandi didampingi Ketua Yayasan Masjid Cheng Ho H Ekik Salim mengatakan,  untuk imam salat Idul Fitri nanti adalah imam tetap masjid Cheng Ho Ustad A Rohmad Alhafidz sedangkan khotib atau pemberi tausyiah adalah Al Habib / Ustad Mustofa Thoriq Bin Shahab Al Hafidz.

“Kita sebelumnya Selasa (4/6) mulai pukul 19.00 wib menggelar acara menyambut hari kemenangan/hari raya Idul Fitri dengan takbiran tahmid bersama sama di masjid  Cheng Ho, “katany.

Selain menceritakan tentang salat  Idul Fitri, H Didi  sapaannya,  juga menceritakan tentang jumlah muslim Tionghoa yang ada di Sumatera Selatan mencapai 6.000 orang. “Keberadaan mereka tersebar di 17 kabupaten yang ada di Sumatera Selatan,”ungkapnya.

H Didi ini juga mengatakan, bagi warga Tionghoa yang masuk Islam di Masjid Cheng Ho di bawah pengelolaan PITI Sumsel, diberikan sertifikat (ijazah) sebagai bukti dan kepentingan administratif bagi yang bersangkutan sekaligus masuk dalam database PITI Sumsel.

“Mereka tidak hanya kita ajarkan mengaji, tapi juga diajarkan cara salat, berwudhu dan tauhid. Proses pembinaannya bisa langsung dimasjid Cheng Ho atau kita kirim guru ngaji kerumah mualaf tersebut,”katanya.

H Didi juga mengucapkan syukur dengan keberadaan masjid Cheng Ho di Palembang karena kegiatan dakwah sangat terasa dan menjadi tempat rujukan bagi warga Tionghoa.

“Dahulu mungkin teman-teman ragu masuk ke masjid, tetapi dengan ada Cheng Ho warga Tionghoa mulai merapat,”ujarnya.

H Didi juga berharap kedepan muslim Tionghoa baik di Sumsel maupun Palembang untuk lebih membaur bersama warga muslim lainnya dan terlibat aktif dalam pembangunan di Sumsel sesuai dengan profesi dan kemampuan masing-masing.(sep)

LEAVE A REPLY