45 Wartawan Dinyatakan Kompeten

0
196

 

RADAR PALEMBANG – Dari 60 orang peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) angkatan 27 dan 28, 45 peserta dinyatakan kompeten, 13 belum. Sementara 2 tidak hadir sama sekali.
UKW yang diselenggarakan PWI Provinsi Sumsel bekerjasama dengan SKK Migas Sumbangsel dan KKKS berlangsung selama dua hari, 11 hingga 12 November 2019 di Santika Hotel Palembang.
Perwakilan dewan penguji, Syahril saat mengumumkan hasil UKW angkatan 27 atau secara nasional pelaksanaan ke-426, Sedangkan angkatan 28 atau secara nasional yang ke-427.
Angkatan 27, dari 30 peserta yang dinyatakan kompetensi 25 peserta, belum 5 orang. Sedangkan angkatan 28 dari 30 peserta, kompeten 20 orang, belum 8 orang. Sementara 2 peserta tidak hadir sama sekali
“Selamat bagi yang dinyatakan kompeten, dan bagi yang belum kompeten, jangan berkecil hati, belajar kembali untuk mengikuti UKW selanjutnya,” kata Syahril, Selasa (12/11).
Sementara itu, Penggurus PWI Pusat, Ketua Bidang Pembelaan Wartawan, H Oktaf Riadi mengatakan kesedihannya saat melakukan pengujian, karena peserta yang dinilainya kompetensi ternyata belum.
“Selaku penguji serba salah, diluluskan belum kompeten, tidak diluluskan kenal baik dan sudah lama jadi wartawan, tapi kita profesional saja, karena tanggung jawab selaku penguji,” sebutnya.
Ketua PWI Provinsi Sumsel H Firdaus Komar mengatakan, UKW sudah ada mengalami peningkatan dalam minat, dibandingkan sebelumnya masih beranggapan tidak begitu penting.
Wartawan yang dinyatakan kompeten, maka hasil karya jurnalistik atau beritanya sudah memenuhi standar, kalau melanggar aturan, kartu standar kompetensi dari PWI bisa dicabut. (dod)

LEAVE A REPLY