Dituntut Tingkatkan Partisipasi Pemilih

0
277

 

 

 

 

///Hari Ini, Komisioner KPUD se-Sumsel Dilantik

 

RADAR PALEMBANG – Setelah mengikuti proses panjang selama 2 bulan lebih Komisi Pemilihan Umum (RI) akhirnya menetapkan komisioner KPU Kabupaten/Kota periode 2019-2014. Terkait itu, anggota KPUD yang baru ini dituntut untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pileg dan pilpres.

“Segera bekerja dan melakukan sosialiSasi, salah satunya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu nanti, target kita adalah 77 persen,”kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mardiana kepada Radar Palembang, kemarin (6/1).

Dijelaskan Kelly, pihaknya meminta kepada seluruh komisioner KPU kabupaten/Kota untuk segera melaksakan tahapan pemilu yang sudah ditetapkan.”Orang-orang yang dipilih oleh KPU adalah orang-orang yang berkualitas dan berintegritas,”ujar kelly.

Pelantikan anggota dari 16 KPU Kabupaten/Kota akan dilaksanakan, pada senin (7/1) pukul 9:00 wib di Hotel Horison Ultima Palembang. Pelantikan akan dilakukan langsung oleh ketu KPU RI beserta sejumlah komioner KPU RI lainnya.

Sedangkan khusus untuk Kabupaten Lahat, tidak mengikuti pelantikan dikarenakan Akhir masa jabatan anggota KPU nya adalah tgl 13 januari 2019. Pelantikan anggota KPU kabupaten Lahat akan dilakukan di jakarta bersamaan dengan KPU kabupaten lain di Indonesia pada tanggal yang di tentukan kemudian.

“Jika sampai pada 13 januari anggota KPU Lahat belum di lantik maka tugas dan tanggung jawab pelaksanaan penyelenggaraan pemilu akan di ambil alih oleh KPU Propinsi Sumatera Selatan.

Sekedar informasi, penetapan nama-nama penyelenggara pemilu terpilih tersebut, berdasarkan putusan KPU Nomor:2/PP.06-Pu/05/KPU/I/2019 tentang, penetapan calon anggota KPU Kabupaten/kota periode 2019-2024 yang dikeluarkan pada, 4 Januari di Jakarta dan bisa dilihat pada website KPU RI.

“Benar, pengumuman nama- nama 5 calon anggota KPU Kabupaten/kota terpilih sudah ada dari 10 besar setiap daerah, dan kewenangan menetapkan perengkingan adalah KPU RI,” kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, Minggu (6/1/2019).

Sebelumnya, Tim seleksi calon komisioner KPU Kabupate/kota se Sumsel, telah merampungkan tahapan seleksi dan sudah menetapkan 10 besar dimasing- masing daerah. Dari 10 nama yang direkomendasikan, KPU RI lalu menetapkan 5 anggota KPU terpilih untuk 5 tahun kedepan.

Kelly Mariana mengatakan, jika tahapan selanjutnya Timsel akan menyerahkan 10 nama masing- masing calon anggota KPU Kabupaten/kota itu, akan diserahkan ke KPU RI. “Masa tugas tim seleksi KPU Kabupate /Kota se Sumsel akan berakhir pada 14 Desember 2018. Maka timsel akan menyerahkan 10 nama calon anggota KPU kabupaten/kota kepada KPU RI.

Setelah itu KPU Propinsi menunggu pelimpahan wewenang dari KPU RI untuk melakukan fit and proper test,” kata Kelly, Selasa (11/12/2018). Terpisah pengamat politik Sumsel Dr Febrian menyatakan, soal nama- nama 10 besar yang dipilih timsel memang ada standar yang harus dipenuhi dan dilewati, dengan terakhir diwawancara pansel yang mnentukan.

“Jelas pansel harus memiliki integritas dan kapabiltas pemilu. Pahamnya pansel akan mentukan pilihan yang baik. Masyarakat yang bisa menilai pansel ini baik atau tidak,” pungkas Febrian. (zar)

 

LEAVE A REPLY