300 Wong Palembang Ingin Kuliah di Taiwan

0
605

 

RADAR PALEMBANG – Antuasian warga Palembang yang ingin kuliah ke luarnegeri khususnya Negara Taiwan luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari hasil pameran Taiwan Higher Education Fair 2019 yang digelar di Xaverius Centrum Studiorum Jalan Bangau 9 Ilir Palembang selama 2 hari yakni 1 dan 2 Okteber 2019 yang lalu.
Dari ribuan pengunjung yang hadir ada sekitar 300 warga Palembang yang sudah mendaftar diberbagai universitas Taiwan yang menggelar Pameran. “Luarbiasa antusias warga Palembang, kita tak menduga bakal seramai ini yang mendaftar untuk kuliah di Taiwan,”ungkap I K Halim Ketua Ikatan Alumni Taiwan Sumatera Bagian Selatan,, kemarin.
Menurut I K Halim, mereka yang mendaftar ini tidak seluruhnya diterima tapi akan diseleksi dahulu oleh Univesitas tempat mereka mendaftar. “Yang sesuai kreteria pasti akan diterima,”ucapnya
IK Halim juga menceritakan kalau kegiatan pameran Universitas asal Taiwan ini digelar di 3 kota yakni pada 28 September 2019 yang lalu di Hotel Pullman Central Park-Jakarta, dilanjutkan pada 29-30 September di Hotel Santika Premiere Dyandra-Medan. “Terakhir di Palembang pada 1-2 Oktober di Xaverius Centrum Studiorum, “ujarnya.
Menurut I K Halim, di Jakarta, pelaksanaan pameran terlaksana berkat adanya kerjasama Taiwan Education Center (TEC) Indonesia dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan Se lndonesia (ICATI) Jakarta, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Komite Taiwan, dan Indonesia Taiwan Business Council (ITBC).
Di Medan, pelaksanaan Taiwan Higher Education Fair 2019 bekerja sama dengan lkatan Citra Alumni Taiwan Selndonesia (ICATI) Sumatera Ulara. Sementara di Palembang, pelaksanaan bekerja sama dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan Selndonesia (ICATI) Sumatera Selatan dan Yayasan Xaverius Palembang.
“ Untuk di Palembang ada sekitar 100 dosen dari 43 perguruan tinggi di Taiwan yang ikut serta dalam THEF 2019. Diantaranya adalah Tunghai University, National Taiwan University. l-shou University, Tamkang University, Chinese Culture University, dan lain lain, “bebernya.
I K Halim juga menambahkan tujuan digelarnya kegiatan ini agar masyarakat di Indonesia khususnya Sumsel dan Palembang bisa mengenal Taiwan, terutama di bagian pendidikannya.
“Karena minimnya informasi sehingga banyak masyarakat kurang mengenal Taiwan, terutama Taiwan itu sudah ada sertitikasinya untuk makanan halal. Tempat untuk menjalankan ibadah salat juga sudah tersedia di berbagai kota di Taiwan dan murid-murid muslim juga tidak perlu khawatir karena di Taiwan banyak universitas yang menyediakan tempat salat,” terangnya. (sep)

LEAVE A REPLY