30 Anak Disunat Massal

0
1599

 

RADAR PALEMBANG – Beberapa anak tak kuasa menahan tangis, saat melihat ‘benda berharganya’ dipegang oleh petugas medis di ruang kelas TK Handayani Kertapati Palembang. Rabu (22/4). Mereka berteriak karena hari itu dilaksanakan sunatan massal yang diikuti sekitar 30 anak.

Salah satu anak yang berteriak histeris tersebut, Adit (5) yang kala itu ditemani ibunya. “Sakit bu, sakit bu sakit, jangan dipotong,” ujarAdit sambil menangis. Padahal proses sunat belum dilakukan. Semua petugas dan rombongan perempuan dari Diknas Sumsel turut menenangkannya. Tak lama kemudian Adit berhenti menangis, karena proses sunat telah selesai dilakukan. Bahkan ia sempat tersenyum setelah menerima bingkisan yang diberikan oleh petugas.

Melihat keadaan tersebut, anak- anak lain yang belum disunat merasa takut. Ada yang langsung memeluk ibunya, ada juga yang meminta pulang, dan ada yang tertegun melihat temannya yang menangis.

Namun penderitaan yang sebentar akan hilang setelah mereka mendapat hadiah tas baru dari petugas dan panitia. Suasana sunatan massal tersebut merupakan sunat masal yang digelar secara gratis oleh Dinas Pendidikan Sumsel dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015. “Ada 30 anak yang mengikuti kegiatan ini, baik itu anak di TK Handayani maupun anak warga di daerah sekitar TK Handayani,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Bonny Syafrian.

Peringatan Hardiknas tahun ini memotivasi siapa saja untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik lagi. “Tak ada perayaan yang istimewa, namun ke depan kami harap sistem pendidikan bagus, mutunya meningkat, dan setiap anak harus mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan,” ungkapnya. (rd2)

 

 

 

LEAVE A REPLY