26 Mei Ceyta Sasana Manggala Rayakan Waisak

0
48

RADAR PALEMBANG  – Tempat Ibadah Cetya Sasana Manggala yang terletak di Kawasan Ario Kemuning Palembang pada Sabtu (26/5) mendatang akan menggelar perayaan Waisak 2562 BE.

Ketua Cetya Sasana Manggala Biksu Surya Jaya mengatakan, dalam perayaan Waisak nanti akan digelar beberapa acara diantaranya perjamuan vegetarian (makan bersama), penyalaan pelita, Yi Fo (pemandian rupang Buddha dan atraksi barongsai,”katanya.

Biksu Surya juga mengungkapkan kalau sejak vihara ini berdiri 3 tahun yang lalu perayaan Waisak selalu dirayakan. “Biasanya umat yang merayakan akan ramai,”ujarnya.

Biksu Surya juga menjelaskan kalau Waisak   merupakan hari suci agama Buddha. Waisak dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M. “Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY