2018, Pasar Rumah Bergerak Stabil

0
541

 

RADAR PALEMBANG, – Bisnis properi di Palembang diprediksi tidak banyak bergerak di tahun 2018 mendatang. Hal ini lebih dikarenakan pergerakan ekonomi yang cenderung lambat dan sejumlah agenda politik yang berlngsung.

Pengamat Properti, Novrizal Handoko mengatakan, pada awal 2018, pelaku property baik itu pengembang, pembeli maupun investor masih akan banyak menunggu perkembangan pasar sambil melihat perkembangan pergerakan property secara nasional. “Pihak yang akan aktif melakukan terobosan-terobosan diawal tahun adalah dari pihak agen property juga perbankan. Hal tersebut dilakukan untuk membangunkan pasar yang terlalu aman menghindari resiko dan juga mengajak pengembang untuk kembali berani keluar dari batas amannya,” kata dia, Senin (25/12).

Dia mengatakan, pergerakan di second market properti pasti akan sangat dicermati oleh para pelaku properti sebagai baroketer menentukan langkah, investor maupun pembeli properti dari kelas menengah ke atas masih cenderung menyimpan dananya di Bank sambil menunggu naiknya harga properti yang terkoreksi pada tahun 2017. “Properti yang masih akan bergerak dengan stabil adalah pengembang yang bermain di rumah sederhana dengan mengincar pembeli sebagai rumah pertama dan memanfaatkan fasilitas dari pemerintah maupun perbankan,” katanya.

Untuk pasar properti menengah keatas, nantinya akan cenderung terjadi rumah 2 lantai dibangun diatas tanah yang kecil, tanah 78 meter bahkan 72 meter. Kemudian akan banyak mulai ditawarkan memasuki triwulan kedua di tahun 2018. “Konsep masih bermain di minimalis dengan adanya improvisasi pada fasad, hanya saja nantinya akan ditonjolkan nilai tambah berupa smart home atau fasilitas teknologi yang futuristic,” katanya.

Memasuki triwulan ketiga, pasar properti juga akan sangat ditentukan dengan adanya kegiatan-kegiatan politik sehingga pelaku cenderung ingin melewatkan terlebih dahulu agenda tersebut untuk menentukan langkah dalam bisnis property. Hanya saja kegiatan properti yang meneruskan kegiatan masih akan terus berjalan.

Sementara pasar bangunan hunian vertikal, berupa apartment dan lainnya, kata Novrizal, prilaku pasar pembeli palembang tetap sama.Mereka cenderung akan menunggu untuk membeli unit setelah bangunan selesai karena banyak kejadian empiris sebelumnya yang membuat mereka cenderung pasif dan bermain di level aman yang sangat tinggi. “Akan beda kondisinya prilaku pasar dan warna pasar properti vertikal housing, jika di triwulan keempat nanti dipredisksi akan masuknya pengembang skala nasional yang dapat menimbulkan keyakinan tinggi kepada pasar properti Palembang,” katanya.(tma)

Hal-Hal yang Mempengaruhi Property 2018:

•Tahun Politik.

•Harga 2017 yg terkoreksi.

•Desain Futuristik (nilai lebih).

•Tanah Kecil untuk Membuat harga terjangkau.

•Solusi-solusi Pihak Perbankan.

•Pemilik dana masih menahan uang.

•Agent Property.

•Second Market.

LEAVE A REPLY