2017, Tak Ada Lagi Bus Kota di  Palembang

0
1137

 

RADAR PALEMBANG –Pemprov Sumsel bersama Pemkot Palembang berencana menghapus peredaran bus kota pada tahun 2017. Alasannya mengurai kemacetan dan mengutamakan Transmusi sebagai angkutan umum dalam kota.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Sumsel, Musni Wijaya mengatakan, Pemprov tengah berkoordinasi membahas pengoperasian kembali Transmusi segera mungkin. Apalagi menurut pemerintah, Transmusi lebih diminati oleh masyarakat Kota Palembang.

“Kami berusaha mencari yang terbaik. Dalam pengertian, kami sudah merencanakan 2017 nanti bus kota sudah tidak ada lagi. Maka salah satu solusinya adalah Transmusi ini, di samping menekan tingkat kemacetan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, 300 bus kota tidak akan lagi diperbolehkan untuk beroperasi di Kota Palembang. Apalagi seluruh izin operasi bus kota tersebut telah habis pada akhir 2016 nanti. Menurut Musni, memasuki tahun 2017 nanti seluruh sarana transportasi akan diambil alih oleh transmusi.

“Sementara ini tetap beroperasi, karena memang izin masih berlaku. Tapi yang akan habis di tahun 2016 tidak akan diperpanjang. Kita lebih mengutamakan transmusi. Selain lebih bagus, Transmusi sudah tertib,” ungkapnya.

Musni menjelaskan, seluruh bus kota yang selama ini telah menghiasi jalanan Kota Palembang akan dialihkan untuk menghubungkan antar kabupaten di Sumsel. “Untuk bus kota, khusus Palembang saja. Jadi, memang nanti diarahkan untuk keluar kota. Jadi mereka boleh berjalan tapi untuk lintas kabupaten, seperti Belitang dan daerah lainnya,” ujarnya.

Menurut para sopir bus kota di Kota Palembang, rencana itu akan menghapus mata pencaharian mereka yang telah lama menggantungkan hidup dari balik kemudi. Mereka berharap pemerintah mencarikan solusi terbaik. “Belum tentu pemilik bus mau berpindah trayek ke luar kota. Mereka memikirkan perawatan dan keuntungan. Kalau sudah begitu kita yang menganggur. Kecuali ada alternatif dari pemerintah, misal membuka lowongan untuk kita bekerja di Transmusi,” ucap Bowo, salah satu sopir.(can)

LEAVE A REPLY