17 Juni Kelenteng Gie Hap Bio Rayakan HUT Kwan Te Kong

0
732

 


RADAR PALEMBANG– Kelenteng Gie Hap Bio Palembang pada tanggal 13 bulan 5 penanggalan lunar atau 17 Juni mendatang akan merayakan Hut dewa Kwan Te Kong. Ketua Kelenteng Gie Hap Bio Basuki melalui Humasnya Harun mengatakan, kalau Dewa Kwan Te Kong merupakan dewa utama di kelenteng Gie Hap Bio ini.

“Perayaan biasanya dilakukan melalui 3 tahap yaitu sembahyang kepada Thien, Dewa Kwan Te Kong dan para prajurit dewa Kwan Te Kong,”ujarnya.

Harun menjelaskan, kalau Kwan Te Kong atau sering disebut Guan Di, yang berarti paduka Guan, adalah seorang panglima perang kenamaan yang hidup pada zaman San Guo/Sam Kok (221 – 269 Masehi).

Nama aslinya adalah Guan Yu alias Guan Yun Chan (Kwan In Tiang – Hokkian). Oleh kaisar Han ia diberi gelar Han Shou Ting Hou. Kwan Kong dipuja karena kejujuran dan kesetiaan.

Dia adalah lambang atau tauladan kesatria sejati yang selalu menempati janji dan setia pada sumpahnya. Sebab itu Kwan Kong banyak dipuja dikalangan masyarakat, disamping kelenteng-kelenteng khusus. Gambarnya banyak dipasang dirumah pribadi, toko, bank, kantor polisi bahkan pengadilan

“Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan. Julukan Dewa Perang sebagai umumnya dikenal dan dialamatkan kepada Kwan Kong, harus diartikan sebagai Dewa untuk menghindarkan peperangan dan segala akibatnya yang menyengsarakan rakyat, sesuai dengan watak Kwan Kong yang budiman. Kwan Kong adalah penduduk asli kabupaten Hedong (sekarang Jiezhou) di propinsi Shanxi,”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY