15 Agustus Gelar Sembahyang Rebutan

0
142

+ Kelenteng Dewi Kwan Im

RADAR PALEMBANG- Kelenteng Soey Goeat kiong atau biasa disebut kelenteng Dewi Kwan Im 10 Ulu pada tanggal 15 Agustus mendatang akan menggelar sembahyang Rebutan atau Cio-ko atau Qiang-gu. Ritual sembahyang ini dimulai dari pagi hingga malam pukul 23.00 wib yang ditandai dengan dibakarnya simbol raja setan.
Menurut Harun Humas Kelenteng Dewi Kwan Im 10 Ulu Palembang, dalam pengertian agama Dao, Zhong- yuan-jie adalah memperingati hari lahir Di-guan dari Tritunggal San-guan Da-di yang bertugas memberikan pengampunan atas dosa manusia atau bisa disebut she-zui.
Kemudian diadopsi oleh kaum Buddhis dengan sebutan Ulambana Yu-lan-pen-hui, dan dilatarbelakangi kisah Mu-lian atau Maudgalyayana yang menolong ibunya dari siksa neraka.
“Pada saat sembahyang Rebutan diadakan pembacaaan paritta, dan persembahan barang sesaji untuk roh-roh gentayangan yang tidak berkeluarga atau yang ditelantarkan oleh kelurganya. Sebab itu dikalangan rakyat dikenal dengan sebutan Sembahyang Rebutan Cio-ko,” tuturnya.
Sebagian besar umat Tri Dharma sampai kini masih tetap memegang teguh azas menghormati Tian dan memuliakan leluhur. Leluhur umumnya mempunyai garis keturunan yang jelas dan kelenteng pemujaan sendiri, yang menyelenggarakan sembahyang tiap datang hari raya.(sep)

LEAVE A REPLY