11 November Kelenteng Wie Leng Keng Rayakan HUT Dewa Chi Hu Tualang

0
700

RADAR PALEMBANG– Kelenteng marga Tan Wie Leng Keng yang terletak di jalan Bambang Utoyo Lorong Kerukunan No 20 atau tepatnya didepan rumah Dinas Kapolda Sumsel pada tanggal 11 November mendatang atau tanggal 15 bulan 10 penanggalan lunar akan merayakan HUT dewa Chi Hu Tualang.
Arifin Ketua Kelenteng Marga Tan melalui penasehat kelenteng Acit mengatakan, perayaan HUT Dewa nanti diawali dengan ritual mengundang dewa untuk meminta restu digelarnya HUT dewa setelah itu dilanjutkan dengan ritual kepada Thien, Dewa Chi Hu Tu alang dan ritual khokun atau ritual kepada para prajurit dewa. “ Sorenya jamuan makan kepada umat yang hadir,”ucapnya
Acit menjelaskan, dewa Ci Hu Tualang dulunya dikenal sebagai salah satu jenderal perang yang tangguh dan banyak membantu umat. “Karena banyak membantu umat itu, hari kelahirannya selalu dirayakan umat,”terangnya.
Acit juga menambahkan kalau kelenteng Marga Tan saat ini tengah direnovasi. “Renovasi telah dilakukan. Mudah-mudahan akhir tahun depan sudah selesai,”katanya.
Menurut Acit, kelenteng ini direnovasi karena sejak berdirinya sekitar 110 tahun lalu belum pernah direnovasi sehingga umat meminta untuk direnovasi. “Penyebab lainnya karena kelenteng ini terlalu kecil tidak sebanding dengan jumlah umat yang terus bertambah tiap tahunnya sehingga renovasi layak dilakukan,”terangnya.
Acit juga mengatakan, bagi umat yang ingin sembahyang di kelenteng ini masih bisa karena peralatan sembahyang termasuk patung dewa sudah dipindahkan digedung sebelah yang ada dilingkungan kelenteng.
Acit menambahkan, kalau kalau marga Tan yang merupakan salah satu marga terbanyak dan terbesar di dunia dan penyebarannya merata di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Palembang. “Di Palembang jumlah marga Tan mencapai ribuan dan mereka akan berkumpul sekaligus bersilaturahmi saat perayaan Imlek dan HUT dewa di kelenteng Wie Leng Keng ini,”ujarnya.(sep)

LEAVE A REPLY